Info Terkini

16 Ribu Warga Banjarmasin Belum Punya e-KTP

Rental Mobil Banjarmasin - Permasalahan e-KTP di tingkat pusat menjadi kegelisahan di daerah, termasuk warga Banjarmasin yang belum memiliki e-KTP, padahal banyak masyarakat Kota Banjarmasin yang sudah melakukan perekaman sejak 2011 lalu. Dari informasi yang dirilis Harian Radar Banjarmasin, pihak Disdukcapil Banjarmasin berencana akan mengambil sendiri 10 Ribu Blanko e-KTP ke Jakarta. Meski demikian, jumlah blanko tersebut tentunya tidak mengatasi semua permasalahan yang ada. Contohnya perubahan data atau identitas akibat kesalahan ketik, e-KTP yang hilang atau rusak.

e-ktp Banjarmasin

Terkait hal ini, dengan jumlah blanko e-KTP baru yang terbatas, pihak Pemko Banjarmasin memberikan batasan. “Hanya untuk warga Banjarmasin yang sudah mereka dari tahun 2011 sampai Juli 2016 saja. Semua keputusan pusat,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Khairul Saleh.

“Jadi terhitung Maret 2017, warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP dan mendapatkan e-KTP namun ada perubahan juga tidak bisa mendapatkan e-KTP baru. 10 ribu e-KTP ini untuk warga yang belum memiliki e-KTP,” imbuhnya.

Ada 16 ribu warga Banjarmasin yang belum mendapatkan e-KTP hingga saat ini. Tercatat 6 ribu warga Banjarmasin juga sudah melakukan rekam sejak Agustus 2016 hingga sekarang. Namun semua warga Banjarmasin tersebut tidak semuanya akan segera memiliki e-KTP karena terbatasnya jumlah blanko.