Info Terkini

BBM Pertalite Rebut Hati Warga Kalsel

Pertalite Marak digunakan warga Kalsel

Rental Mobil Banjarmasin – Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite saat ini kondisinya di Kalsel boleh dibilang mengungguli penggunaan BBM Premium. Pernyataan tersebut seperti dilansir oleh harian Radar Banjarmasin menurut Ketua Hiswanamigas Kalsel H Saibani, konsumsi pertalite mulai meningkat dan lebih banyak dari penggunaan premium.

“Memang pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menggunakan pertalite karena harganya cukup murah dengan kualitas yang lebih baik dari premium,” ucapnya memberikan penjelasan.

Seperti diketahui bersama, sejak Juli 2015 lalu pihak Pertamina secara menjual BBM Pertalite dengan research octane number (RON) 90. Bilangan oktan adalah penunjukan angka pada kekuatan tekanan atau kompresi BBM terhadap mesin. Dengan kata lain, semakin tinggi kadar oktan akan berdampak baik terhadap kinerja mesin. Dengan BBM beroktan tinggi, residu atau kotoran sisa pembakaran pada mesin bisa ditekan.

Dari mutu dan kualitas, setidaknya ada 3 (tiga) keunggulan BBM Pertalite, yakni:

Segi teknologi
  • Pembakaran Lebih sempurna ketimbang premium karena memiliki RON 90.
Dari Segi Polusi yang dihasilkan
  • Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah sedikit. (Gas ini dihasilkan dari reaksi pembakaran dalam mesin yang nantinya dilepaskan ke udara sebagai polusi udara)
Dari Segi Pembuatan
  • Memiliki kandungan sulfur maksimal 0,05 persen m/m atau setara dengan 500 ppm.

Fakta maraknya penggunaan BBM Pertalite di Kalsel atau Banjarmasin bisa terlihat di banyak SPBU. Umumnya pengguna roda dua cenderung menggunakan BBM jenis ini. Rilis harian Radar Banjarmasin menyebutkan, diungkapkan Saleh, operator pertalite SPBU Adiyaksa Banjarmasin, konsumsi pertalite memang untuk bulan ini naik 100 persen dibanding bulan sebelumnya.

“Biasanya jatah dari Pertamina 8000 liter baru habis dua hari, sekarang sudah habis dalam sehari,” jelasnya.

Menurutnya, pengguna terbesar adalah roda dua, karena memang lebih irit dibanding premium, sehingga cocok untuk mereka yang ingin mendapatkan BBM dengan harga terjangkau dan murah.