Info Terkini

Cagar Budaya Makam Datu Ambulung Dihapus Kemendikbud

Makam Syekh H. Abdul Hamid Ambulung

Rental Mobil Banjarmasin – Cagar budaya makam Datu Ambulung yang lokasinya berada di Sungai Batang, Martapura, Kabupaten Banjar adalah salah satu cagar budaya yang dihapus Kemendikbud. Dari 42 cagar budaya yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel), selain makam Datu Ambulung, masih ada 2 (dua) cagar budaya lagi yang dihapus. Yakni, Makam Datu Sanggul atau Abdussamad Al Palembangi di Tatakan Kabupaten Tapin, dan Makam Tumpang Talu di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Total seluruhnya ada 3 (tiga) cagar budaya yang dihapus Kemendikbud.

Informasi di atas berasal dari Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel, Ahmad Subakti usai rapat kerja bersama di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, Kamis (3/8) yang kemudian dirilis harian Radar Banjarmasin.

“Penghapusan itu karena rancang bangun makam tersebut sudah diubah dari aslinya,” kata Subakti. Penghapusan itu, diakui Subakti, memunculkan permasalahan baru. Seiring dicabutnya anggaran untuk pemeliharaan, petugas yang menjaga makam kini tidak lagi mendapat insentif dari pemerintah pusat.

Meski tiga cagar budaya di Kalsel tersebut dihapus, masyarakat di Kalimantan Selatan tentunya tetap menghargai dan menghormati makam-makam tersebut mengingat mereka yang dikuburkan di sana itu adalah para penyebar agama islam di tanah Banjar, Kalsel. Apalagi selama ini, makam tersebut sudah menjadi bagian wisata religi yang banyak dikunjungi orang-orang.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke beberapa makam di atas, silakan menghubungi Rental Mobil Banjarmasin yang kami tawarkan. Kami akan mengantarkan anda ke sana.