Pariwisata

Ini 3 Pasar Terapung di Banjarmasin Layak Kunjung

Rental Mobil Banjarmasin. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Banjarmasin dan memerlukan informasi tentang Wisata Pasar Terapung, penting untuk membaca artikel berikut.

Pasar terapung adalah sebuah pasar yang di situ terjadi aktifitas jual beli. Semua aktifitas dilakukan di atas perahu kelotok (perahu kecil bermesin khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan).

Keunikan dan pesona pasar terapung sudah sejak lama menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung. Di sana, Anda bisa menikmati perjalanan saat di atas kelotok, termasuk melakukan aktifitas pembelian makanan atau barang yang mereka jual.

Kata banyak orang sih, jika Anda ke Banjarmasin, belum afdol ketika belum ke pasar terapung mengingat sudah menjadi ciri khas dan dikenal para wisatawan domestik dan mancanegara.

Saat ini setidaknya ada 3 Pasar Terapung di Banjarmasin yang layak kunjung. Jika Anda baru pertamakali ke Banjarmasin, dan kebetulan menggunakan jasa rental mobil Banjarmasin kami, maka ada tiga pilihan wisata pasar terapung yang sangat kami rekomendasikan.

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar terapung Lok Baintan bisa dibilang adalah pasar terapung bersejarah di Kalimantan Selatan. Alasannya, pasar terapung di Banjarmasin ini sudah beraktifitas sejak zaman kerajaan Banjar pada abad 18. Hal itu dapat terkondisikan karena dulu transportasi utama di Banjarmasin adalah menggunakan kelotok. Secara otomatis, transaksi perdagangan masyarakat terjadi di sungai.

Meski disebut pasar terapung di Banjarmasin, secara administratif pasar terapung Lok Baintan berlokasi di wilayah Kabupaten Banjar. Persisnya, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan.

Konon, saat ini pasar Terapung Lok Baintan merupakan satu-satunya pasar terapung yang masih alami di Indonesia bahkan Dunia.

Untuk sampai ke pasar terapung Lok Baintan bisa menggunakan jalur darat atau sungai. Bagi Anda yang menggunakan jasa Rental Mobil Banjarmasin kami, pihak sopir sudah sangat mengerti untuk membawa Anda ke tujuan.

Pasar Terapung Muara Kuin

Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai. Seperti yang disebutkan di atas, transportasi sungai sudah menjadi kebutuhan mutlak oleh masyarakat Banjar di zaman dulu. Tak heran, pasar terapung pun berada di beberapa titik lokasi. Contohnya ada di Muara Kuin.

Aktifitas yang terjadi di pasar terapung Muara Kuin, atau lengkapnya di Jl. Kuin Utara, Kel. Kuin Selatan, Kec. Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini sama dengan rutinitas yang terjadi di Lok Baintan.

Untuk bisa menyaksikan langsung kedua aktifitas pasar terapung di atas, Anda harus menyiapkan diri untuk bangun dini hari mengingat pasar terapung sudah mulai beroperasi sekitar pukul 05.00 Wita sampai matahari 07.30 Wita.

Pasar Terapung Siring Sungai Martapura

Berbeda dengan dua pasar terapung di atas, pasar terapung Siring Sungai Martapura adalah pasar terapung buatan pemerintah Kota Banjarmasin dalam rangka melestarikan Pasar Terapung.

Lokasi pasar terapung ini yaitu di Siring Sungai Martapura di Jl. Kapten Piere Tandean Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.Persisnya berada di pusat Kota Banjarmasin.

Khusus untuk mengunjungi pasar terapung Siring Sungai Martapura, waktu kunjung adalah pada hari minggu dari Jam 07.00 – 12.00 WITA.