pltu asam asam rusak
Berita

Lagi-lagi Pemadaman Listrik, Ternyata

Rental Mobil Banjarmasin – Lagi-lagi pemadaman listrik, ternyata begini alasan yang disampaikan oleh PT PLN wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah. Pemadaman yang sering terjadi akhir-akhir ini, baik di Banjarbaru, Banjarmasin dan Martapura terjadi karena dua pembangkit penyuplai listrik mengalami gangguan, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-Asam Unit 4 dan Excess Power PLTU MSW Unit 2 milik Grup Adaro.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, adanya gangguan pada mesin pembangkit menyebabkan penurunan daya mampu pembangkit dalam menyuplai tenaga listrik,” kata Humas PLN Kalselteng Bayu Aswenda seperti yang dilansir RadarBanjarmasin.Co.Id.

Ia menuturkan, gangguan pembangkit pada Sabtu (19/11) malam menyebabkan penurunan daya sekitar 30 hingga 40 MW. Sehingga ada bebarapa lokasi yang mengalami pemadaman listrik. “Insha Allah perbaikan akan selesai hari ini (kemarin),” ujarnya.

Dengan terulangnya pemadaman listrik ini tentu saja sangat mengganggu aktifitas perekonomian masyarakat. Seperti yang diketahui, kondisi listrik di wilayah Kalselteng sering mengalami pemadaman. Bertahun-tahun sudah lamanya dan selalu saja disebabkan dengan alasan yang sama, kerusakan di pembangkit listrik.

Di lain pihak, Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Kalselteng, M Yusfiansyah menjelaskan, gangguan yang dialami PLTU Asam-Asam Unit 4 ialah adanya kebocoran pada pipa boiler bagian economiser. Sehingga boiler tidak dapat berfungsi untuk memanaskan air.

“Saat ini proses perbaikan pipa boiler sedang berlangsung setelah sebelumnya petugas melakukan pendinginan dan pengeringan air dalam pipa economiser,” jelasnya.

Ia menyampaikan, petugas akan berupaya dapat menyelesaikan perbaikan pada hari Minggu (20/11) kemarin. Agar kelistrikan dapat kembali normal. “Kami berupaya unit 4 dapat kembali beroperasi pada hari ini (kemarin),” katanya.