Mancing unik di Barabai Kalsel
Berita

UNIK. Tradisi Mancing Masyarakat Barabai, Begini Ceritanya

Rental Mobil Banjarmasin – Mancing adalah sesuatu yang menyenangkan. Ada yang menjadikannya sekadar hobi, atau justru mata pencaharian. Di Indonesia yang memiliki raga suku dan adat istiadat ini, pastinya memiliki nilai keunikan masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat. Termasuk halnya dalam urusan mancing mania.

Contohnya adalah tradisi memancing yang dilakukan oleh masyarakat Desa Banua Binjai Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Seperti yang diberitakan KoranBanjar.Net, mereka memiliki kebiasaan turun-temurun memancing ikan bersama di sungai pada musim kemarau.

Menariknya, sebelum memancing bersama, warga setempat terlebih dahulu bergotong royong membersihkan rumput dan semak belukar di sungai yang bakal dijadikan lokasi pemancingan.

Sebuah kerja yang tidak mudah tentunya jika Anda mengetahui kondisi sungai-sungai yang ada di Kalimantan Selatan.Baik itu sungai di Banjarmasin, Martapura termasuk daerah Hulu Sungai. Dalam waktu setahun, umumnya sungai-sungai akan tertutup oleh tanaman liar dan ditumbuhi rerumputan.

Bagi Anda yang suka memancing di sungai, kondisi semacam di atas tentu tidak memungkinkan. Bukan malah dapat ikan, tapi kail pancing akan mudah tersangkut.

Melanjutkan cerita di atas, Setelah lokasi pemancingan selesai dibersihkan, para warga yang ingin ikut memancing ikan wajib bayar Rp 20 ribu kepada pihak pembuka sungai. Dari uang pendaftaran tersebut para pemancing kemudian mencabut nomornya masing-masing. Nomor yang dicabut untuk menentukan lokasi memancing.

“Kebiasaan turun-temurun ini sudah ada dari zaman kakek bahkan datu kita dulu. Cara dan peraturannya juga tak pernah berubah,” ujar warga Jalan Pagat Sarigading Desa Banua Binjai, Hirli, saat sedang memancing bersama warga lainnya, Jumat (19/7/2019) siang.

Nah, itu tadi cerita tradisi turun temurun tentang kebiasaan memancing di Desa Banua Binjai Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Bagi Anda yang suka mancing, bagaimana cerita Anda?